Asal Usul Banjar Patroman

Asal Usul Banjar Patroman ini Diambil Dari beberapa sumber yang terkait.
 Tersebutlah seorang pemuda pengelana yang berasal dari Mataram bernama Adananya. Singkatcerita, dalam perjalanan pengelanaannya, ia terpikat oleh seorang gadis cantik di sebuah kampung bernama Pataruman. Adananya pun melamar gadis tersebut pada ibunya, namun ibunya tidak mengijinkan karena iamengetahui bahwa Adannya seorang Raja dari Mataram. Ia merasa sungkan karena hanyalah rakyatbiasa. Gadis cantik tersebut pun akhirnya melarikan diridari rumah ibunya ke arah barat.

Asal Usul Banjar
Alun Alun Kota Banjar Taun 90an
Dalam pelariannya, gadis tersebut terjerat areuy di hutan belantara, sehingga kakinya berdarah.Adananya pun terus mengejarnya, dengan mengikuti jejak bercak darah gadis yang menempel pada areuy. Pada saat itulah Adananya menamai daerah tersebutdengan nama Cibeureum, karena melihat banyaknya bercak darah pada areuy layaknya air yang berwarna merah
Pada saat Adananya mengejar sang gadis, datanglah seorang pemuda tampan berniat menolong.Pemuda tampan itu pun kemudian mencegat Adananyadi sebuah bukit, yang kini dinamakan Tepung Kanjut, yang berarti tempat bertemunya dua orang lelaki. Bertemu dalam bahasa Sunda disebut tepung dan kelamin lelaki disebut kanjut. Di tempat itu, kemudian Adannya dan pemuda penolong tersebut bertarung adukesaktian.

Dalam pertarungan itu, kemudian Adananya mengetahui bahwa pemuda penolong tersebut bernama Dalem Tambakbaya atau Raden Singaperbangsa yang bergelar Adipati Kertabumi III. Ia adalah Raja Galuh Kertabumi yang beribukota di Liung Gunung, yang kini menjadi nama sebuah kampung dikecamatan Manonjaya. Adapun Adananya adalahseorang ulama penyebar agama Islam dari Mataramyang sebenarnya bernama Kanduruan Pandusaka Sarikusumah yang kelak dipusarakan di situs Pandusaka Batulawang.
Kembali pada kisah pertarungan Adananya danTambakbaya. Di dalam pertarungan itu, kesaktiankeduanya seimbang. Akhirnya, keduanya pun kembalimengejar sang gadis. Sementara, gadis cantik tersebutberlari secepat kilat ke arah tenggara. Kemudian dikejaroleh Adannya dan Tambakbaya
Selama pengejaran, Adananya dan Tambakbayaadu kecepatan berlari dengan kesaktiannya masing-masing. Hingga di suatu tempat. Ketika Adananyasedang berdiri (bahasa Sunda: ngadeg ), terkejar olehTambakbaya. Sejak itulah tempat tersebut sampai sekarang disebut Pangadegan. Mungkin juga berasal dari kata pangudagan, yang berarti tempat untuk mengejar.

Adapun gadis yang sedang dikejar mereka,sedang beristirahat karena kelelahan. Namun, ketika Adananya akan menangkapnya, Tambakbaya dengan gerak cepat segera menghalaunya. Kedua pemuda itupun kemudian bertarung kembali. Adannyamengeluarkan ilmu pamungkasnya, yakni pukulan saketi. Tapi, Tambakbaya dapat menghindar dengancara menghilang memakai ajian halimunan . Sehingga kelihatannya ngan sajorélat atau hanya sekejap mata.Tempat menghilangnya sosok Tambakbaya itulah, yangsekarang dinamakan kampong Jélat. Berasal dari kata sajorélat, yang artinya menghilang sekejap mata atau secepat kilat.
Sementara itu, gadis yang dikejar oleh Adananya dan Tambakbaya terus berlari. Kini perjalanannya mengarah kembali ke rumah ibunya. Namun sesampainya di sana, ibunya didapati sudah tidak ada.Ternyata ibunya pun turut mengejar saat ia melarikan diri pada saat itu. Dalam pengejarannya, ibunya sempat bertemu dengan Adananya yang sedang kaget melihatTambakbaya menghilang di kampong Jelat. Langsung saja ibu gadis tersebut bertanya dalam bahasa Jawa ke Adananya. “
Mana laré?”, katanya kepada Adananya,

Maksudnya menanyakan ke mana arah larinya anaknya.

“Ke sana, ke arah selatan,” timpal Adananya.

Tempat dialog antara Adananya dengan ibunya sang gadis tersebut, sekarang dinamakan kampong Mandalaré, berasal dari Mandala laré , juga dari ucapan sang ibu:mana lare.

Kenapa sang gadis tidak terkejar oleh Adananyadan Tambakbaya? Ternyata gadis tersebut memiliki kesaktian yang lebih tinggi. Ia sebenarnya bukan anak sang ibu, tapi putri dari kerajaan Galuh yang bernama Ni Nursari.

“Gadis itu memang lebih sakti dariku,” gumam Adananya.

Setelah itu, Adananya pun ngarandeg (berhenti) untuk beristirahat. Tempat perhentian itu kemudian dinamai kampong Randegan. Sesaat kemudian, tibalah Tambakbaya yang juga kelelahan. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, kini mereka tidak bertarung. Karena tenaga keduanya sama-sama sudah terkuras habis.

Cukup lama Adananya dan Tambakbayaberistirahat di kampung Randegan. Setelah itu, merekapun kembali mengejar Ni Nursari. Sepanjang jalanmereka terus beradu pendapat mengenai Ni Nursariyang sedang dikejarnya. Adannya tetap berpendirian ingin memperistrinya, sedangkan Tambakbaya tetap ingin menolong Ni Nursari dari paksaan Adananya. Jalan sepanjang Adananya dan Tambakbaya beradupendapat itulah yang sekarang dikenal dengan nama kampung Cikadu. Berasal dari kata papaduan, Yang berarti berselisih pendapat.

Sementara itu, Ni Nursari lari ke arah utara. Lalu menyeberangi sungai Citanduy. Adananya danTambakbaya pun terus mengejarnya, namun Ni Nursari larinya lebih cepat. Di sebrang sungai, ketiganya pun ngaleungit (menghilang).
Semakin lama, sungai Citanduy pun semakinramai disinggahi para bandar (pedagang) dari kerajaan Galuh dan Mataram. Daerah di tepi sungai Citanduy pun kemudian dikenal dengan nama kampung Bandar (pedagang atau pusat perniagaan). Semakin lama,kampung Bandar pun semakin banyak disinggahi bandar-bandar (para pedagang) dari Mataram. Bahasa yang digunakan penduduk pun bercampur, antara bahasa Sunda dengan bahasa Jawa, yang oleh penduduk setempat disebutnya basa Jawa réang.

Adapun kampung tempat Ni Nursari dan ibuangkatnya tinggal selanjutnya dinamakan kampung
Bandar Pataruman. Konon kata pataruman berasal dari kata patarungan, sebagai pangeling-eling atas peristiwa pertarungan antara Adananya dan Tambakbayamemperebutkan Ni Nursari pada saat itu. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa di kampung itu banyakditanami pohon tarum, yakni sejenis tanaman nila yang pada masa kolonial dijadikan tanaman paksa. Sehingga daerah tersebut dikenal dengan nama pataruman atau tempat tarum.

Semakin lama, kampong Bandar Pataruman pun semakin ramai disinggahi para pedagang dari kerajaan Galuh dan Mataram. Di antara para pedagang itubanyak berjodoh dengan penduduk setempat danbanyak pula yang bermukim. Nama Bandar Pataruman pun berubah menjadi Banjar Patroman, karena pada waktu itu banyak diucapkan salah oleh pendatang dari Mataram. Namun, adakalanya kampung BanjarPatroman pun disebut Banjar saja. Kini, kampong Banjar yang letaknya di pinggir sungai Citanduy itutelah berkembang menjadi sebuah kota yang membatasi wilayah antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.
  • Sumber : http://banjarcreativeandinnovativecity.wordpress.com
  • Foto         : http://commons.wikimedia.org/wiki/Alun-alun_in_Bandjar_TMnr_60016892.jpg

4 komentar

Saya selaku org banjar sangat terbantu dengan adanya asal usul kota banjar yg tadi nya tdk tau skrg jadi tau,,, terima kasih.

Reply

Kota Banjar Kota Leutik Pinuh Carita . (2019)

Reply

Lalu bagaimana kelanjutan cerita nya?

Reply

Posting Komentar