Spesifikasi Gardu Distribusi Tipe Portal

Spesifikasi Gardu Distribusi Type Portal disini Lebih Menitikberatkan Kepada Garis Besar Sistem Proteksi Gardu Portal Dan Komponen Utama Gardu Portal

Gardu Portal merupakan salah satu dari Jenis Konrtuksi Gardu Tiang, Yaitu Gardu Distribusi Tenaga Listrik Tipe Terbuka ( Out-door ), dengan memakai kontruksi dua tiang atau lebih. Tempat kedudukan Transformator sekurang kurangya 3 meter di atas permukaan tanah. Dengan sistem proteksi di bagian atas dan Papan Hubung Bagi Tegangan di bagian bawah untuk memudahkan kerja teknis dan pemeliharaan.
Diagram Satu Garis Gardu Portal
Diagram Satu Garis Gardu Portal

1. Berikut Komponen Komponen Utama Yang Umumnya Di Gunakan Pada Gardu Portal :

Untuk Komponen Utama Gardu Portal Disini Saya akan Membagi menja dua bagian besar, yang pada umumnya selalu di gunakan pada gardu portal, sehingga dapat mempermudah mengenali atau mengetahui macam dan fungsinya.

A. Komponen Utama Bagian Atas Gardu.

Gardu Portal
Gardu Portal Tampak Atas

1. Lightning Arrester ( LA )
  Berfungsi sebagai alat Proteksi atau pengaman Trafo distribusi dari tegangan lebih akibat Surja Petir, khususnya pada gardu pasangan luar.

2. Fused Cut Out ( FCO atau CO )
   Berfungsi sebagai proteksi atau pegaman lebur, Pada gardu distribusi khususnya, FCO ini berfungsi sebagai alat pelindung Trafo dari Arus hubungan Singkat dan sebagai alat untuk membebeskan sumber tegangan jika dilakukan pemeliharaan. Proteksi pada FCO ini dipasang dalam bentuk Fuse Link yang dapat disesuaikan dengan Arus Nominal Trafo distribusi yang terpasang.

3. Wiring Gardu atau Pengawatan Gardu.
   Yaitu Berupa Pengawatan atau kawat Penghubung untuk menghubungkan tegangan dari Jaringan SUTM, Lightning Arrester ( LA ), dan Fused Cut Out ( FCO )ke Trafo Distribusi. 

4. Tiang 
   Tiang yang dipergunakan untuk Gardu distribusi jenis ini bisa berupa Tiang Beton maupun Tiang Besi, yang memiliki kekuatan kerja sekurang kurangnya 500 dAn dengan panjang 11 atau 12 meter.

5. Trafo Distribusi 
   Yaitu Komponen Utama dari gardu distribusi untuk menurunkan tegangan dari Sisi Tegangan Menengah ( SUTM ) menjadi tegangan yang siap di pakai oleh pelanggan. Trafo yang di pergunakan mulai dari 50 kVa - 400 kVa sesuai dengan kebutuhan pembangunan gardu.
 
6. Rangka Gardu
    Pada dasarnya berfungsi untuk menempatkan Trafo distribusi dan komponen lainya pada Tiang. Rangka Gardu ini biasanya sudah berupa satu Set lengkap.

7. Pipa Jurusan 
    Berfungsi untuk menempatkan kabel naik atau kabel jurusan dari PHB-TR ke jaringan SUTR di bagian atas.


B. Komponen Utama Bagian Bawah Gardu.
Yaitu Beberapa komponen Utama yang di set dalam Perangkat Hubung Bagi Tegangan Rendah ( PHB-TR ) yaitu sebagai Berikut :

PHBTR Gardu Portal
Komponen Utama PHB-TR
  1. Saklar Utama.
  2. Rel Tembaga atau Rel Jurusan
  3. NH-Fuse jurusan. 
  4. Kabel Naik atau Kabel Jurusan ( bisa berupa NYY atau NYFGBY ) dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.
  5. Kabel Turun ( Kabel penghubung dari Trafo ke PHB-TR ) dengan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan dan Trafo Distribusi yang terpasang.
Sampai disini dulu artikel tentang Spesifikasi Gardu Portal, setelah kemaren saya belajar mengulas tentang Jenis dan Macam macam Gardu Distribusi, Spesifikasi Gardu Tembok dan artikel lainnya,
Apabila ada Kesalahan baik tulisan, definisi, maupun fungsi dari artikel artikel yang saya posting, mohon koreksianya dan penjabarannya di kolom Komentar

Terikamasih atas kunjungannya.



6 komentar

Sangat bermanfaat sekali, terimakasih untuk shareing ilmunya

Reply

Makasih bang atas infonya
Tapi tolong berikan penjelasan lagi tentang komponen-komponen-nya yang terdapat pada gardu

Reply

Terimakasih banyak atas segala Ilmunya, semoga menjadi amal yang tak terhenti hingga yaumul qiamah

Reply

Mohon perhatiannya buat para pembaca yang budiman, Kami sangat anjurkan agar membaca tutorial ini terlebih dahulu untuk dipahami. Dan apabila sudah mendapatkan gambaran yang jelas, Kalian bisa langsung praktekan. Berikut selengkapnya dari cara beli token listrik di OVO Cara Beli Token Listrik di OVO

Reply

izin tanya mas. anadi gardu tersebut dipindah dengan jarak 200 meter hal apa saja yang perlu diperhatikan ?

Reply

Saya punya lokasi tanah tapi terdapat gardu portal,apa aman kalau saya membangun rumah di sekotar gardu tersebut buat anak-anak saya di kemudian hari?

Reply

Posting Komentar