Jenis Dan Macam Gardu Distribusi Tenaga Listrik

Berikut Beberapa Jenis Gardu Distribusi Tenaga Listrik  Dan Cara Mudah Membedakanya Dari Kontruksi Pembuatanya

Sebelum membahas tentang jenis Gardu Distribusi dan fungsi dari seluruh Komponennya, saya akan mengulas sedikit secara garis besarnya, tentang jenis Gardu Distribusi berdasarkan Kontruksi Pembuatanya, supaya lebih mudah mengetahui dan gampang mengingatnya.
                   
Secara Garis Besar Gardu Distribusi Menurut Konrtuksi Pembuatanya Ada 3 Jenis : 

 1. Gardu Beton Atau Gardu Tembok 

Yaitu sebuah Gardu yang seluruh komponen utama instalasinya seperti Transformator dan Peralatan Proteksi terangkai di dalam sebuah bangunan sipil yang di rancang di bangun dan di fungsikan dengan kontruksi pasangan Batu Dan Beton. Kontuksi Bangunan Gardu ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan terbaik bagi sistem keamanan Ketenagalistrikan.
Cara mudah membedakanya yaiu Gardu ini lebih cendrung seperti bangunan sipil dan memiliki Halaman cukup luas.
 


2. Gardu Tiang

  Merupakan sebuh Gardu distribusi tenaga listrik yang komponen kontruksi utamanya menggunakan Tiang, Tiang tersebut bisa berupa Tiang Beton Atau Tiang Besi, yang memiliki kekuatan beban kerja sekurang kurangnya 500 dAn dan memmiliki panjang 11, 12 bahkan 13 meter sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pendiriannya.

Secara garis besarnya, Gardu Tiang ini ada 2 jenis, yaitu :
Yaitu Gardu Distribusi Tenaga Listrik Tipe Terbuka ( Out-door ), dengan memakai kontruksi dua tiang atau lebih. Tempat kedudukan Transformator sekurang kurangya 3 meter di atas permukaan tanah. Dengan sistem proteksi di bagian atas dan Papan Hubung Bagi Tegangan di bagian bawah untuk memudahkan kerja teknis dan pemeliharaan.




Yaitu Tipe Gardu Distribusi Tenaga Listrik dengan Transformator, proteksi, dan Papan Hubung Bagi Tegangan Rendah ( PHBTR ) di cantokan atau dipasang langsung pada tiang yang memiliki kekuatan minimal 500 dAn.




3. Gardu Kios / Gardu Metal Clad

Yaitu Gardu Distribusi Tenaga Listrik yang kontruksi pembuatanya terbuat dari bahan kontruksi baja, fiberglas atau kombinasinya. Gardu ini dibangun di lokasi yang tidak memungkinkan didirikanya Gardu Beton atau Gardu tembok. Karna Sifatnya Mobilitas, maka kapasitas Transformator yang terpasang terbatas yakni maksimum 400 Kva. Ada beberapa jenis Gardu Kios ini, seperti Gardu Kios Kompak, Gardu Kios Modular dan Gardu Kios Bertingkat. Husus untuk Gardu Kompak, Seluruh Komponen Utama Gardu sudah dirangkai selengkapnya di pabrik, sehingga pembuatan gardu ini lebih cepat di banding pembuatan Gardu Beton.
 


2 komentar

Sip. terus berkarya bapak. sangat kreatif ini buatannya..

Penginapan Online - Situs Perjalanan Wisata

admin by:El-Baihaki

Reply

kekuatan 500 dAn itu maksudnya apa

Reply

Posting Komentar