Spesifikasi Gardu Distribusi Tipe Cantol

Spesifikasi Gardu Distribusi Tipe Cantol disini Lebih Menitikberatkan Kepada Garis Besar Sistem Proteksi Gardu Cantol Dan Komponen Utama Gardu Cantol

Sama halnya seperti Gardu Portal, Gardu Cantol atau Gardu Distribusi Tipe Cantol ini ,merupakan salah satu dari dua Jenis Kontruksi Gardu Tiang. Yaitu Tipe Gardu Distribusi Tenaga Listrik dengan Transformator, proteksi, dan Papan Hubung Bagi Tegangan Rendah ( PHBTR ) di cantokan atau dipasang langsung pada satu tiang yang memiliki kekuatan minimal 500 dAn.

Pada dasarnya Sistem Proteksi dan Komponen gardu cantol hampir sama dengan gardu portal, perbedaan yang tampak cuma dari jenis PHB-TR, jumlah Tiang, dan beberapa kontruksi yang di gunakan.

Berikut beberapa komponen Utama dari gardu cantol : 

Gardu Distribusi tipe Cantol Tampak atas
Gardu Cantol Tampak Atas
1. Tiang 
   Pada Umumnya Gardu Distribusi tipe cantol menggunakan satu Tiang, Tiang yang dipergunakan untuk Gardu distribusi jenis ini bisa berupa Tiang Beton maupun Tiang Besi, yang memiliki kekuatan kerja sekurang kurangnya 500 dAn dengan panjang 11 atau 12 meter.

2. Lightning Arrester ( LA )
  Berfungsi sebagai alat Proteksi atau pengaman Trafo distribusi dari tegangan lebih akibat Surja Petir, khususnya pada gardu pasangan luar.

3. Trafes dudukan FCO dan Arrester
    Berfungsi untuk menempatkan FCO dan Lightning Arrester.

4. Fused Cut Out ( FCO atau CO )
   Berfungsi sebagai proteksi atau pegaman lebur, Pada gardu distribusi khususnya, FCO ini berfungsi sebagai alat pelindung Trafo dari Arus hubungan Singkat dan sebagai alat untuk membebeskan sumber tegangan jika dilakukan pemeliharaan. Proteksi pada FCO ini dipasang dalam bentuk Fuse Link yang dapat disesuaikan dengan Arus Nominal Trafo distribusi yang terpasang.

5. Wiring Gardu atau Pengawatan Gardu.
   Yaitu Berupa Pengawatan atau kawat Penghubung untuk menghubungkan tegangan dari Jaringan SUTM, Lightning Arrester ( LA ), dan Fused Cut Out ( FCO )ke Trafo Distribusi.

6. Trafo Distribusi 
   Yaitu Komponen Utama dari gardu distribusi untuk menurunkan tegangan dari Sisi Tegangan Menengah ( SUTM ) menjadi tegangan yang siap di pakai oleh pelanggan. Trafo yang di pergunakan mulai dari 50 kVa - 160 kVa sesuai dengan kebutuhan pembangunan gardu.

7. Dudukan Trafo
   Pada dasarnya berfungsi untuk menempatkan Trafo distribusi pada Tiang. Dudukan Trafo ini biasanya sudah berupa satu Set lengkap.

Beberapa Komponen utama dari gardu cantol yang terdapat dalan PHB-TR :

PHB-TR Gardu Distribusi Tipe Cantol
Bagian Dalam PHB-TR Gadu Cantol


  1. NH-Fuse yang berfungsi untuk mengamankan Trafo Distribusi dari arus lebih yang disebabkan karna hubungan singkat pada jaringan tegangan rendah ( SUTR ) maupun karna Beban lebih.
  2. Rel Tembaga atau Rel Jurusan berfungsi untuk menghubungkan tegangan dari beberapa komponen pada PHB-TR.
  3. Kwh MTD berfungsi untuk menghitung pemakaian beban Gardu.
  4. Saklar Utama 
  5. Kabel Turun ( Kabel penghubung dari Trafo ke PHB-TR ) Bisa berupa NYY atau NYFGBY dengan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan dan Trafo Distribusi yang terpasang.
  6. Trafo Arus ( CT )
  7. Kabel Naik atau Kabel Jurusan ( bisa berupa NYY atau NYFGBY ) dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Apabila ada Kesalahan baik penulisan, definisi, maupun fungsi dari artikel artikel yang saya posting, mohon koreksianya, penjabarannya dan seringnya di kolom Komentar.
Terimakasih Atas Kunjungannya. 


1 komentar:

Posting Komentar